Feeds:
Tulisan
Komentar

Beberapa saat yang lalau saya geregetan melihat diskusi soal mobil buatan anak SMK di Solo Jawa Tengah. Menampilkan dua orang orang nara sumber, walikota Solo melalui telekonference dan gubernur Jateng via telepon.

Walaupun saya tidak mengikuti diskusi tersebut secara detail dan menyeluruh ada beberapa point yang penting yang dapat kita lihat. Salah satunya adalah gubernur Jateng yang mengatakan langkah walikota Solo adalah gegabah. Sampai-sampai pembawa acara dikatain goblok sama pak bibit :D

Kembali ke mobil tadi, menurut walikota Solo sedang diajukan ijin dan uji kelayakan ke instansi yang terkait sebelum diproduksi secara masal. Kalo menurut gelagat pemerintahan yang sekarang saya rasa hal ini akan dipersulit.

Mengapa begitu?? Karena industri mobil di Indonesia sekarang ini sudah dikuasai oleh pihak asing yang tentunya mempunyai ikatan yang kuat dengan lingkaran kekuasaan yang sekarang. Anda pikir kenapa industri mobnas tidak berkembang sejak era akhir orde baru?? ya karena dihambat oleh pemerintahnya. Lho bagaimana bisa? Lha kalo industri mobnas berkembang tentunya mobil-mobil dari luar akan kalah dengan mobil nasional terutama dari segi harga. Kenapa begitu? karena biaya produksi dan buruh di Indonesia yang sangat murah. Sebagai contoh mobil Kiat Esemka tadi hanya separo dari harga mobil di pasaran dalam kelasnya.

Sekarang coba kita lihat, apa ada penghargaan dari pemerintah tentang hasil karya adik-adik SMK kita ini. Tidak ada kan, sebaliknya malah ini dan ini serta kunjungan ke pabrik mobil di Karawang. Yang lainnya silahkan anda cari sendiri. Jadi sudah jelas to siapa yang didukung oleh pemerintah sekarang. Oleh karena itu kita harus bisa melihat segala sesuatu secara menyeluruh. Oke :D

Kemudian, misalnya dalam uji kelayakan nantinya ( dan ini kemungkinan besar ) tidak lolos sehingga tidak boleh diproduksi dan atau dipasarkan, apakah anda akan kaget?! Walaupun uji kelayakan di Indonesia sangat mudah bila dibandingkan dengan negara di Eropa atau Amerika misalnya, minimal akan dipersulit lah, lha ini kan mobil buatan anak negeri. Kalo yang menyangkut buatan anak negeri siapa yang akan percaya? Bukankah selama ini kita sudah diarahkan untuk lebih percaya kepada produk bangsa lain daripada bangsa sendiri. Kita sudah kehilangan kepercayaan terhadap bangsa sendiri dan saudara sendiri. Sebaliknya kalo anda lihat berita di tv ada satu atau beberapa kasus kecelakan yang menewaskan penumpanganya dan mobilnya adalah mobil buatan Jepang misalnya, apakah anda menanyakan mobil itu sudah lolos uji kelayakan apa belum?? Tidak to?!

Mengenai uji kelayakan sebenarnya yang berhak menentukan layak atau tidaknya sesuatu itu kan penggunanya, bukan begitu? Tapi lagi-lagi ini dijadikan sebagai senjata kapitalisme. Mobil yang beredar diharuskan memiliki standar keamanan yang tinggi seperti di Eropa misalnya dengan standar Euro. Coba anda pikir, orang yang terbiasa naik di atap kereta api sambil merokok, orang yang bergelantungan di bus-bus kota, orang yang berdesak-desakan di kapal dan kereta api, dst, apakah orang-orang ini perlu standar keselamatan.?!

Kalo memang pemerintah peduli terhadap mobil karya anak bangsa ini, maka hal ini yang dilakukan: mengakui dan menghargai produk ini sebagai karya anak bangsa dan mendorong untuk dilakukan produksi secara masal. Dan itu hal yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan. Tapi apa yang terjadi silahkan anda melihat dan menilai sendiri.

Melalui tulisan ini saya ingin memberi penghargaan dan penghormatan kepada Walikota Solo Joko Widodo yang telah secara berani mendobrak arus mainstream dengan menjadikan mobil karya anak SMK ini sebagai mobil dinasnya. Dan ini tentu saja kebijakan yang sangat tidak populer dan saya rasa tidak banyak, atau bahkan tidak ada orang seperti pak Jokowi ini. Pesan saya jangan takut dan pantang mundur pak :) Kemudian kepada adik-adik di SMK teruslah maju berusaha untuk meningkatkan kualitas dari produk yang sudah dihasilkan, karena di kemudian hari adik-adik yang akan menjadi generasi penerus penggerak bangsa ini.

Saya berharap tulisan saya ini salah, bagaimana menurut anda?!


Dunia persinobian semalam digemparkan dengan kemunculan tubuh asli Uchiha Madara. Dimana-mana narutomaniac dibuat terbengong-bengong penuh tanda tanya. Yang tadinya mereka sudah yakin bahwa orang bertopeng itu adalah Uchiha Madara, ternyata Kabuto menghidupkan kembali tubuh aslinya. Kabuto emang dancuk :) Hal ini membuat konstelasi perang dunia ninja berubah total. Orang-orang ramai menebak siapa sebenarnya dibalik topeng dengan sharingan dan rinnegan itu. Yang pasti saya nggak ikut-ikutan. Tinggal nunggu release manganya aja hehe.

Tak ayal berita inipun sejenak mengalihkan perhatian kita dari carut marutnya negeri ini. Kalo dipikir daripada diskusi soal kebangsaan mending diskusi soal jutsu-jutsu aja. Daripada mikirin negara yang belum tentu mikirin kita-kita juga mending mikirin jutsu2 yang nggak masuk akal itu mungkin bisa menggugah intuisi dan imajinasi kita. Pasti :)

Nah bagaimanakah kelanjutannya, jutsu-jutsu apa lagi yang akan muncul, silahkan sabar menunggu. Masih geleng-geleng kepala saya sama Kabuto. Top deh :D


Hari-hari ini kita disuguhi dengan berita mengejutkan gempa dan tsunami di Jepang yang sampai saat ini mungkin telah menelan korban ribuan jiwa. Sekali lagi kita dihadapkan dengan kedahsyatan alam ini yang tidak bisa diprediksi dan dicegah. Kita hanya bisa berusaha untuk mengurangi dampak dan mengantisipasi keadaan pasca bencana.Semoga rakyat Jepang yang tertimpa bencana dapat melewati keadaan ini dengan baik. Sebagai sesama manusia yang menghuni bumi ini kita tentu dapat merasakan penderitaan ini sebagaimana musibah yang sama yang menimpa saudara kita di Aceh dan Nias Desember 2004 silam.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya kita bangsa Indonesia yang merupakan wilayah rawan gempa dan rawan tsunami. Bagaimana kesiapan kita mengahadapi berbagai bencana yang mengancam. Walaupun kita tidak tahu kapan, dimana, dan sebesar apa bencana itu, namun kita wajib ihtiar atau berusaha untuk mengurangi  dan mengantisipasi dampak dari bencana itu. Manusia sudah dibekali dengan akal dan hati nurani untuk mengahadapi berbagai dinamika yang dihadapinya didunia. Kita tinggal menggunakannya dengan arif dan bijaksana. Semoga kita dapat mengambil pelajaran yang berharga.

GANBATE DATTEBAYO !!!


Lagu ini ditulis oleh Kazufumi Miyazawa 1992, beliau adalah vokalis utama The Boom, nama band yang menyanyikannya. Saya pertama kali melihat lagu ini di NHK World dengan live performance (bukan video klipnya). Kemudian saya cari di youtube karena menurut saya lagunya easy listening. Dan setelah lihat liriknya ternyata syairnya juga indah. Kabarnya lagu ini menggambarkan keindahan alam Okinawa dan dinyanyikan dengan dialek Okinawa. Selangkapnya silahkan lihat disini untuk sejarahnya. Videonya ada disini yang ada huruf hiragana, romanji dan terjemahan dalam bahasa Inggris. Dilagu ini  anda akan mendengar petikan gitar Jepang Shamisen yang khas itu. Selamat menikmati, bila anda suka silahkan tulis komen disini :D

 

Bunga deigo telah mekar, dan memanggil sang angin, dan badaipun telah tiba

Bunga deigo mengembang sempurna, dan mereka memanggil sang angin, dan badaipun tiba

Kesedihan yang berulang, seperti ombak yang memecah di pulau

Aku bertemu denganmu di gunung Uuji

Di hutan Uuji kuucapkan selamat tinggal kepadamu

 

Lagu pulau, menaiki angin dan menyeberangi lautan bersama burung-burung

Lagu pulau, menaiki angin, membawa kesedihanku

 

Kuntum deigo telah jatuh layu, dan sekarang hanya ombak kecil yang bergoyang

Kebahagiaan yang kecil adalah seperti bunga dari buih ombak

Aku bernyanyi bersamamu di hutan Uuji

Dan sekarang aku berpisah denganmu selamanya
Lagu pulau, menaiki angin dan menyeberangi lautan bersama burung-burung

Lagu pulau, menaiki angin, membawa cintaku pergi bersamanya

 

Kepada langit, alam semesta, Tuhan, dan kehidupan

Tolong biarkan disana ada malam yang tenang selamanya

 

Lagu pulau, menaiki angin dan menyeberangi lautan bersama burung-burung

Lagu pulau, menaiki angin, membawa cintaku pergi bersamanya

Lagu pulau, menaiki angin dan menyeberangi lautan bersama burung-burung

Lagu pulau, menaiki angin, membawa cintaku pergi bersamanya

 

Lalalalala…….

Deigo no hana ga saki
Kaze wo yobi arashi ga kita
Deigo ga sakimidare
Kaze wo yobi arashi ga kita
Kurikaesu kanashimi wa
Shima wataru nami no you
Uuji no mori de
Anata to deai
Uuji no shita de
Chiyo ni sayonara
Shima uta yo kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta yo kaze ni nori
Todokete okure watashi no namida

Deigo no hana mo chiri
Saza nami ga yureru dake
Sasayakana shiawase wa
Utakata no nami no hana
Uuji no mori de
Utatta tomo yo
Uuji no shita de
Yachiyo no wakare
Shimau uta yo kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta yo kaze ni nori
Todokete okure watashi no ai wo

Umi yo uchuu yo
Kami yo inochi yo
Kono mama towa ni yuunagi wo

Shima uta yo kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta guwa kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta guwa kaze ni nori
Todokete tabore wanku nu nada guwa

Shima uta yo kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta guwa kaze ni nori
Tori to tomo ni umi wo watare
Shima uta guwa kaze ni nori
Todokete tabore wanku no ai wo

Lalalalala…..


Gambar ini hanya iseng-iseng saya di Coreldraw.  Saya tidak bermaksud untuk mendesain kostum timnas, hanya corat coret saja untuk menambah semarak blog saya hehe :)

Bagi pecinta sepak bola tanah air, hari-hari ini kita disibukkan dengan berita Kongres PSSI di Bali dengan agendanya yang sangat terselubung dan gelap gulita. Tapi bagi masyarakat atau khalayak nampaknya hal ini sudah bukan barang aneh lagi alias sudah jadi rahasia umum. Berbagai tanggapan, koreksi, masukan, nasihat sampai caci maki dan teriakan sepertinya tak mempan bagi status quo di tubuh PSSI yang sepertinya ingin dipertahankan lebih lama. Kalo saya melihat berbagai komentar di internet yang penuh dengan cacian dan energi negatif saya jadi miris sendiri bagaimana nasib sepak bola tanah air ini. Walaupun sebagian komentarnya juga membuat saya terpingkal-pingkal karena lucunya. Silahkan anda cari sendiri komentar-komentarnya karena tidak etis kalo saya posting disini (kalau mau membaca silahkan kesini)

Yang membuat saya prihatin adalah sudah prestasi tidak ada masih ingin bertahan pula, ngotot lagi, dan mbudeg alis tidak mau mendengarkan teriakan dan kritikan orang. Mau dibawa kemana sepak bola Indonesia, hayah kayak judul lagu. Sudah prestasi mandeg, kompetisi amburadul, pembinaan acakadut, mau apa lagi. Sudah saatnya perubahan besar-besaran. Bagaimana kita mau mengimbangi bangsa-bangsa yang lain yang sudah maju sepakbolanya. Kita tidak usah melihat Inggris atau Spanyol, terlalu jauh. Lihat saja Jepang dan Korea yang bisa kita jadikan model dalam prestasi timnasnya di kancah dunia.

Energi Negatif Vs Energi Positif

Dengan banyaknya energi negatif yang dikirimkan pada organisasi PSSI ini kiranya kejadian buruk apalagi yang dapat menimpa persepakbolaan kita. Persepak bolaan yang baik tidak hanya ditentukan oleh organisasi yang baik, tetapi juga oleh dukungan dari segenap lapisan masyarkat. Lihat saja Korsel pada saat Piala Dunia 2002, apa yang membuat mereka berhasil meraih posisi keempat?? Jawabannya adalah dukungan dari para suporter yang begitu luar biasa mengalirkan energi positif dan semangat yang begitu luar biasa pada kesebelasannya. Bagaimana dengan Indonesia?? Seharusnya dengan banyaknya jumlah penduduk yang besar ini dijadikan potensi untuk mengumpulkan berbagai dukungan dan energi positif dari berbagai elemen bangsa. Bagaimana dengan sepak bola ini dapat menyatukan bangsa dan menumbuhkan nasionalisme yang positif. Saya yakin bila seluruh elemen bangsa mengirimkan doa dan energi positifnya kepada timnas, Juara Dunia adalah hal yang tidak mustahil. Tentunya dengan didukung persiapan dan usaha yang maksimal dari timnas dan tentu saja organisasi yang baik. Tetapi belum apa-apa sudah banyak energi negatif yang mengalir, gimana mau juara. Saya yakin sebagus apapun teknik dan permainan suatu timnas apabila tidak didukung oleh suporter yang memberikan semangat, maka ia akan sulit menjadi juara.

Buat Timnas

Saya ingin memberikan sedikit nasihat atau masukan kepada Timnas sepak bola yang ada sekarang ini. Teruslah berjuang dengan berbagai keadaan yang sulit sekarang ini. Walaupun keadaan lagi kacau dan tidak kondusif, tetaplah fokus pada pertandingan dan jangan sampai situasi nonteknis ini mengganggu konsentrasi anda. Teruslah berjuang dengan mental juara, jangan pedulikan berbagai rintangan yang menghadang. Teruslah berjuang dengan mental baja, jangan menjadi pengecut dengan mencari berbagai alasan untuk menutupi kelemahan yang ada. Teruslah berjuang tampa menyerah,  terus berlatih dan perbaiki diri, anda pasti bisa. Kami segenap elemen bangsa ini selalu mendoakan. Semoga keadaan yang lebih baik akan menjelang di masa depan. Berjuaaaaaanggggggggg!!!!!

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menghujat ataupun mendeskreditkan suatu pihak tertentu. Tetapi sebagai bentuk kecintaan dan keprihatinan terhadap kondisi bangsa, terutama timnas sepak bola Indonesia. Tentunya kita sebagai elemen bangsa, ingin agar sepak bola kita maju di kancah dunia sebagai bahan bakar atau semangat ataupun pemicu untuk memupuk persatuan bangsa demi menjadi bangsa yang maju tidak hanya di bidang sepak bola tetapi juga diberbagai bidang yang lain. Majulah sepak bola Indonesia!!!

 


Setelah tebasan pedang Ichigo itu, nampaknya Aizen sudah diujung kemarahannya. Ia kemudian bertranformasi secara sempurna. Menurutnya ia sudah melampaui kekuatan dan realitas antara Shinigami dan Hollow. Bentuknya menjadi sperti hollow dengan topeng khas hollow diwajahnya, dan enam buah sayap dengan kepala mirip tengkorak. Topengnya sedikit mirip dengan black spiderman kalau anda pernah nonton film spiderman, terutama bagian giginya. Salah satu ujung sayap Aizen tadi menembakkan semacang cero kearah Ichigo, tetapi Ichigo hanya menangkisnya yang mengakibatkan luka di tangan kirinya. Sepertinya ini cero yang paling dahsyat sepanjang serial ini ada, bahkan lebih dahsyat dari serangan Ryujin Jakka milik Genryusai Yamamoto.

Aizen berhsil mencekik Ichigo dan sepertinya menguncinya, akan tetapi sekali lagi Ichigo hanya membutuhkan sedikit usaha untuk melepaskan diri dan menghempaskan Aizen.

Ichigo bersiap untuk serangan terakhirnya, Final Getsuga Tensou (Saigono Getsuga Tensou). Ia bertranformasi secara sempurna sama seperti Aizen. Sedikit flasback ketika Ichigo berada didalam dirinya bertemu dengan Zangetsu. Untuk menguasai Final Getsugatensou Ichigo menerima tusukan pedang Zangetsu di tubuhnya. Ia tidak merasakan sakit karena Zangetsu adalah juga Ichigo itu sendiri. Dengan menerima pedangnya ia bisa menguasai jurus itu. Sesuatu yang ingin dilindungi Zangetsu adalah Ichigo.

Bentuk tranformasi Ichigo hampir sama dengan bankainya, hanya saja ia hanya menggunakan kimono sebatas perut kebawah saja. Sementara bagian ats dibebat semacam perban yang menutup hingga kemulut dan hidungnya membentuk semacam topeng. Dan rambutnya pun menjadi panjang dan hitam, panjangnya hampir mencapai kakinya. Matanya juga berubah menjadi berwarna merah. Kalo melihat transformasi Ichigo ini saya jadi teringat beberapa hal.  Matanya yang merah dan rambutnya, ketika dilihat dari depan, saya jadi teringat Uchiha Madara dan Sharingannya. Sementara rambutnya yang panjang mengingatkan saya akan Goku supersaiya 10. Mungkin antara pengarang manga itu saling memberi ide ya hehe.

Dengan tranformasi ini, Ichigo telah menyatu dengan Zangetsu atau pedangnya. dengan demikian ia adalah pedangnya itu sendiri. Dengan sekali serangan Final Getsuga Tensou Ichigo membelah Aizen dan menghancurkannya. Akan tetapi ternyata Aizen masih bisa berdiri lagi karena tubuhnya beregenarasi dengan cepat. Sementara Ichigo berada didepannya dengan lesu karena ia sudah kehilangan kekuatan shinigaminya.

Disaat Aizen akan menyerang Ichigo, tiba-tiba beberapa berkah sinar keluar dari tubuh Aizen. Ternyata itu adalah segel yang dipasang oleh Urahara Kisuke ketika ia bertarung dengannya. Urahara muncul dihadapan Aizen dan Ichigo dan menjelaskan sesuatunya. Ketika Aizen bertanya apakah ini perbuatannya ia hanya menjawab dengan datar “hai” . Dengan teriakan Aizen yang penuh dengan amarah segel itu telah menutup dan mengunci Aizen dengan sempurna. Sepertinya semua telah berakhir. Happy ending hehe.

Untuk episode akan datang sepertinya tinggal penutup saja, karena ceritanya akan samasekali baru dengan tokoh-tokoh baru pula, dan menceritakan ketika Ichigo sudah 17 tahun atau 2 tahun didepan. Kalo tidak diisi dengan filler ya hehe.

Bleach Anime 308


Aizen sudah berhasil menyatu secara sempurna dengan Hogyoku. Walaupun Hogyoku berada di tangan Gin, ia bisa bersatu dengan Hogyoku dan dalam sekejap ia berada didepan Gin. Dengan sekali tebasan Gin hampir roboh. Sebelum roboh tangannya hendak meraih Hogyoku, tapi malang Aizen mematahkan tangannya dalam sekali gerakan. Dan sekali lagi Aizen menusukkan pedangnya ke tubuh Gin. Sepertinya dalam momen inilah untuk pertama kalinya Gin membuka matanya. Nampak kebencian yang mendalam kepada Aizen.

Dengan flasback yang diputar ketika Gin sekarat kita menjadi tahu kenapa Gin menjadi Shinigami dan mendekati Aizen. Alasannya adalah ia ingin mengembalikan jiwa Matsumoto Rangiku yang diambil sebagian oleh Aizen ketika dia kecil untuk memberi makan Hogyoku. Jadi dia mendekati Aizen untuk balas dendam kepadanya. I tidak ingin lagi melihat Rangiku menangis karena, dia mencintainya. Tetapi ia sudah lega karena sudah meminta maaf kepada Rangiku.

Ketika Matsumoto meratapi Gin didepan Aizen dan teman-teman Ichigo dari dunia nyata disaat itulah Ichigo muncul dengan memanggul ayahnya yang pingsan. Tampak ada yg berubah secara fisik pada Ichigo. Rambutnya tampak lebih panjang dan pedangnya tampak menyatu dengan tangannya, karena ada semacam sarung tangan besi yang membungkus sebatas pergelangan tangannya dan rantai yang membelit sampai ke pundaknya. Dan kalau diamati bentuk pedangnya sedikit berubah dengan adanya semacam bagian cekung dibagian tengahnya memanjang searah pedangnya, dan pelindung tangannya pun berubah seperti lambang swastika.

Walaupun Gin sudah sekarat ia masih sempat melihat Ichigo, dan ketika ia melihat matanya ia berguman lega karena ia melihat sorot mata yang kuat, berbeda dengan ketika ia berhadapan dengannya. Sekarang ia bisa menyerahkan urusan pada Ichigo.

Tatsuki heran karena dia bisa merasakan kekuatan Aizen yang sangat besar sementara ia tidak bisa merasakan Ichigo sama sekali.

Ketika Ichigo meminta Aizen untuk bertarung ditempat lain dia menolaknya. Karena ia berpikir bahwa yg bisa meminta hal seperti itu adalah orang yang kekuatannya sepadan dengannya, tetapi karena ia tidak bisa merasakan kekuatan Ichigo ia meremehkannya. Dalam sekejap Ichigo mendorong muka Aizen ke tempat yang jauh  lalu menghempaskannya. Aizen sangat terkejut bahwa ia tidak bisa menyadari gerakan Ichigo dan akan efek kekuatannya yang sangat besar.

Aizen menyadari bahwa Ichigo tidak kehilangan kekuatannya, tetapi ia melepaskan seluruh reiatsunya untuk ditransformasikan ke tubuh fisiknya. Oleh karena itulah ia menjadi sangat kuat dalam sekejap. Ichigo dapat mengimbangi kecepatan Aizen. Zanpaktou mereka sepertinya sudah bersatu dengan tuannya dalam level paling tinggi. Aizen sangat terkejut ketika Ichigo bisa memegang pedang yang diayunkan padanya. Ia bisa memahami ketika Ichigo bisa menangkis atau menghindari tebasan pedangnya, tetapi memegangnya dalam kecepatan dan jarak sedekat itu menurutnya adalah tidak mungkin.

Aizen menggunakan Kido, Hado No.90 Kurohistugi untuk mengurung Ichigo. Dengan kekuatannya sekarang ia berpikir bahwa Kido itu tidaklah dapat ditembus. Tetapi dengan tebasan tangan kosong Ichigo ia bisa menghancurkannya dengan mudah. Ia bahkan tidak memakai pedangnya. Macam betul aja ini Ichigo. Untuk kesekian kalinya Aizen kembali terperangah. Dengah sekali tebasan, Ichigo melukai Aizen.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: